ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Muhamarjr -  Kita para pecinta alam harus mengetahui etika dalam membuang hajat di gunung, maka akan memberi banyak dampak positif maupun negatif bagi pendaki lain dan juga untuk lingkungan sekitar gunung yang ia daki. Bagaimana sih cara agar kita tetap dapat membuang hajat, terutama bagi pemula yang saat ini sudah kebelet memuntahkan isi perutnya??Berikut tips saat buang hajat di Gunung


Menjauhi jalur pendakian

Biarpun sangat mungkin kamu sudah kepepet dan tidak bisa menahannya lagi, kamu seharusnya untuk bisa berpikir sehat untuk mencari tempat yang layak untuk membuang hajat. Sebab jalur pendakian bukanlah tempat yang tepat untuk mengeluarkan hajatmu. Apabila secara sengaja dilakukan di jalur pendakian maka akan mengganggu pendaki lain yang melewati jalan tersebut. Selain bau yang menjijikkan, tampilan yang tidak sedap dipandang mata tentu akan membuat pendaki lain yang melintas akan kebinggungan mencari yang rute lain.

Menjauhi camping ground

Wajar kalau malam beberapa orang sangat takut untuk keluar sendirian di gunung. Akan tetapi, untuk bisa membuang hajat di sekitar lokasi kemping sungguh sangat diharamkan. Carilah lokasi yang sedikit jauh dan terhindar dari orang yang lewat jalur itu. sebab jika ‘ranjaumu’ akan sangat mungkin terinjak oleh pendaki lain. Carilah teman untuk menemanimu mencari lokasi yang cocok, apabila kamu masih takut pergi keluar sendirian.

Menjauhi sumber air

Sumber air memang tempat yang sangat ideal untuk membuat hajat, akan tetapi sumber air juga dimanfaatkan untuk hajat hidup orang banyak. Untuk itu sebaiknya pilihlah lokasi lain yang agak jauh agar tidak mencemari kondisi air.

Manfaatkan WC darurat (jika ada )

Beberapa gunung di Indonesia sudah menyediakan WC darurat di beberapa titik di jalur pendakian. Kamu bisa memanfaatkannya jika sangat memerlukannya. Akan tetapi sejauh pengamatan, kondisi WC darurat kadang jauh dari kata layak, karena cenderung tidak ada yang merawat karena digunakan secara masal oleh para pendaki. Semoga ke depan setiap gunung di Indonesia akan tersedia tempat yang nyaman untuk melaksanakan ritual ini.

Mencari lokasi nyaman dan aman

Lokasi untuk buang air besar di gunung yang nyaman adalah diantara semak-semak yang rimbun, jauh dari jalur pendakian, jauh dari sumber air dan bukan jalur migrasi hewan liar serta bukan di lereng yang miring. Kamu dapat berlama-lama dan menikmati kesendirianmu disana tanpa diganggu oleh siapapun. Kamu bisa mulai dengan survey terlebih dahulu, kemudian baru membuat tempat penampungan yang ebih dalam.

Semoga kalian bisa melaksanakan 5 tips ini saat buang air besar di Gunung diatas, dan semoga berguna bagi kalian pencinta alam.


Tags : Pecinta alam, Buang Hajat, Tips

About Amat

Seorang pelajar Sma yang masih belajar tentang seo dan bercita cita jadi blogger sukkses kerja sampingan menjadi penulis artikel rewrite
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik no spam dan jangan lupa cantumkan blog anda agar bisa mendapat backlink dari kita terimah kasih atas pengertiannya

Ads Inside Post


Top